Nyimas Sitihartati

Nyimas sitihartati Lahir di Pagar Alam Sumatera Selatan Berprofesi Pendidik di SMPN 3 Cilacap Dua tahun terakhir telah menghasilkan 10 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Media Sosial Gunakan Dengan Bijak
#tantanganMenulis90hari#gurusiana#Mediasosialgunakan dengan bijak#harike-11

Media Sosial Gunakan Dengan Bijak

#tantanganmenulisgurusiana#Harike-11#Mediasosial#MEDIA SOSIAL GUNAKAN DENGAN BIJAK

Media sosial saat ini begitu populer dan banyak digadrungi orang, disana kita bisa menmukan banyak hal, semua informasi apapun yang kita inginkan. Menjadi terkenal dapat dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan media satu ini, bisa Facebook, instangram,twiter, washap, link dan masih banyak lagi aplikasi pertemanan jejaring sosial.

Kita bisa bercerita tentang kehidupan kita, orang lain, informasi kesehatan, objek wisata, kuliner, fasion dan sebagainnya. Kita juga bisa mencari banyak informasi tentang apapun yang kita inginkan tanpa harus pergi kelokasi yang kita butuhkan, hanya dengan gawai kita dapat berselancar kesemua bagian dunia. Media sosial juga membawa informasi tentang berbagai belahan dunia lainnya yang dengan cepat kita dapatkan, Tentang penyebaran suatu penyakit seperti saat ini yang sedang marak yaitu corona. Perang yang terjadi di suria atau cerita lainnya menyebar dengan cepat melalui media sosial.

Ada sisi negatif dan positif disemua bagian media sosial diperlukan kebijaksanaan dalam menyikapi dan menggunakannya. Sikap tidak mudah terpancing dan terprovokasi saat mendengar sebuah berita. Kita diharapkan bijak dengan mengecek kebenaran berita yang beredar. Cek croscek atau istilahnnya tabayun.

Kemudahan media sosial menyampaikan berita tak semua orang memanfaatkannya dengan benar, ada yang memang bertujuan menyebarkan berita bohong atau Hoax dengan tujuan menggadu domba, satu golongan dengan golongan lainnya, ya istilahnnya memanfaatkan suasana,memancing di air yang keruh istilah peribahasa. Mengorbankan hati nurani dan kebenaran demi segepok uang yang dijanjikan.

Media sosial sebenarnya juga dapat dimanfaatakan untuk berbuat kebaikan misal Berdakwa, memberikan motivasi positif dan relijius untuk siapapun yang membacannya. Dulu untuk belajar agama kita harus datang ke masjit dan mendengar ceramah langsung dari kiayai tapi saat ini begitu banyak ceramah-ceramah yang sudah di shear berbentuk video ceramah di youtube, dari kamar dengan tiduran diatas kasur, menggunakan baju daster, sambil makan semangkok mie dan menyeruput satu gelas es teh kita bisa sambil mendengar ceramah, Nah luar bisa bukan kemajuan teknologi dibidang media sosial.

Ada beberapa kisah yang bertebaran dimedia sosial, kisah perjumpaan dan berlanjut ke pernikahan seorang wanita jerman dengan seorang laki-laki yang tinggal disebuah desa di Bali, Perkenalan lewat media sosial menyebabkan munculnya benih cinta satu sama lain yang berlanjut kepelaminan.

Tak semua cerita berakhir bahagia ada beberapa kisah yang berakhir teragis. Si laki-laki yang jatuh cinta pada seorang wanita melalui media sosial pertemanan Facebook setelah terjalin sekian lama cinta kasih dan memutuskan untuk melanjutkan kejejang berikutnya ternyata si laki-laki merasa tertipu setelah pertemuan face to face untuk melanjutkan kejenjang berikutnya, ternyata si kekasih hati yang didambahkan tak sama dengan foto di profil yang dipajang, Alkisah cinta yang berakhir dipengaduan polisi karena penipuan. lebih tragis lagi jika kisah perkenalan berakhir dengan pembunuhan karena perlakuan perkosaan si lelaki yang dikenalnnya dijejaring pertemanan media sosial. Masih banyak kisah lainnya yang membuat kita geleng-geleng kepala melihat dampak dan akibat dasyatnya media sosial .

Saatnya bersikap bijak dalam memanfaatkan mediasosial, kenali dengan baik tiap hal yang berhubungan dengan kita, berhati-hati dalam bersikap dan memilih teman yang ditawarkan, berikutnya yang paling penting niatkan saat kita memanfaatkan media sosial sebagai fungsi dakwah, siraturahmi dan menyebar banyak kebaikan serta kebermanfaatan informasi yang kita berikan. Putuskan pertemanan yang tak penting, hapus dan tak perlu kita baca dan tanggapi postingan yang tak jelas yang bersifat sara dan adu domba, serta yang tak membawa manfaat bagi kita. Tanamkan sikap tegas dan bijaksana dalam menggunakan media sosial.

#selamat berselancar didunia maya kawan agar tetap nyaman#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post