Nyimas Sitihartati

Nyimas sitihartati Lahir di Pagar Alam Sumatera Selatan Berprofesi Pendidik di SMPN 3 Cilacap Dua tahun terakhir telah menghasilkan 10 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nikmatnya di Beri sakit
#tantanganMenulis90hari#gurusiana#PeraturanSekolah# hari ke-7

Nikmatnya di Beri sakit

#tantangan menulis 90 hari gurusiana# Sakit Hari ke-15#

Nikmatnya Di Beri sakit

Suatu hari Rosullulah kedatangan seorang Bapak dan anak gadisnnya. Bapak meminta Rosullulah SAW untuk menikahi putrinnya dan menerangkan bahwa putrinya wanita luar biasa , sejak kecil sampai saat ini tak pernah sekalipun sakit .

Rosullulah tersenyum dan beliau diberi tahu Malaikat Jibril untuk menolaknnya, tidak ada kebaikkan dalam diri anak gadis itu.

Ternyata luar biasa makna sakit, datangnnya penyakit pada seseorang akan mendatangkan banyak kebaikkan. Bahkan ulama mengatakan orang sakit dipastikan sedang dicintai Allah.

Arti Sakit dalam KBBI adalah suatu kondisi tubuh yang mengalami sesuatu ketidak nyamanan bagian tertentu tubuh karena menderita sesuatu. Sakit adalah suatu cobaan yang diberikan Allah pada seseorang sebagai ujian akan kesabaran , keikhlasan dan ketawakal .

Saat seseorang tertimpa sakit , pada saat itu datang banyak kebaikkan yang Allah sendiri telah menjanjikannya diantaranya yaitu

v Sakit itu “Pengugur Dosa”

Orang sakit sesungguhnya dia sedang dicintai Allah sekaligus sedang diberi ujian , tentu jika disikapi dengan sabar , tawaqal dan Ikhlas , maka sakit itu akan menjadi pengugur dosa.

Tidaklah seorang muslim tertimpa gangguan berupa penyakit atau semacamnya, kecuali Allah menggugurkan bersama dengannya dosa-dosanya, sebagaimana pohon yang menggugurkan dedaunannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

v Sakit itu “Zikrullah” dan “Beristighfar”

Orang yang sedang sakit akan lebih sering berzikrullah menyebut Asma Allah , dibanding orang yang sehat, orang sakit lebih banyak waktu untuk berzikir mengingat Allah dan beristighfar memohon ampunan akan dosa-dosa yang mungkin banyak dilakukan selama ini. Sakit adalah “Muhasabah dan Tauhid”

Muhasabah diri bisa banyak dilakukan disaat sakit menginggat akan akhirat, kehidupan sesudah mati, apa yang telah dipersiapkan untuk alam akhirat , menyambut kematian.

v Sakit adalah “Jihad” dan “Ilmu”

Seseorang tertimpa penyakit wajib baginnya untuk berikhtiar mencari kesembuhan, obat akan penyakitnya. Tidak boleh hanya berpasrah saja menunggu nasib.Apapun harus ditempuh sebagai dasar ikhtiar mencari kesembuhan, ikhtiar sesuai dengan aqidah Islam dan aturan yang diajarkan Rosullulah SAW. Tidak bertentangan dengan Qur’an dan Hadits, tidak mendatangkan kesyirikan yang dapat menjerumuskan pada kesesatan.

v Sakit adalah” Nasehat “dan “Siraturrahim”

Orang yang sakit menjadi nasehat bagi kita yang sehat , agar menjaga diri agar tidak sakit dan yang sehat menghibur yang sakit . Dengan menjenguk yang sakit, mungkin kita yang lama tak bertemu saling bertemu melepas rindu.

v Sakit itu adalah salah satu keadaan yang “Menyulitkan Syaitan” dan “Meningkatkan Ibadah serta Akhlaq.

Orang sakit tak mampu melakukan suatu keburukan seperti bermaksiat , tubuh yang lemah tergolek tak mampu melakukan hal-hal yang menyesatkan.Dengan sakit yang dirasakan akan menjadi peningkat Ibadah serta akhlaq, hilang rasa sombong dan merasa diri paling kuat dan hebat. Waktu luang beristirahat bisa banyak digunakan untuk beribadah kepada Allah, Sholat, ngaji dan muhasabah.

Sakit membuat kita ingat akan kematian , hidup didunia hanya sementara, kehidupan kekal yang dijanjikan Allah menanti kita. Apakah ini bukan suatu nasehat yang sangat berharga ? Menyikapi sakit dengan ikhlas dan tawakal.

sakit adalah takdir yang Allah berikan untuk kita walaupun itu karena ulah kita sendiri. Tapi guguran dosa-dosa yang Allah janjikan menjadi penghibur bagi kita yang sakit.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post