Nyimas Sitihartati

Nyimas sitihartati Lahir di Pagar Alam Sumatera Selatan Berprofesi Pendidik di SMPN 3 Cilacap Dua tahun terakhir telah menghasilkan 10 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peraturan Sekolah
#tantanganMenulis90hari#gurusiana#PeraturanSekolah# hari ke-7

Peraturan Sekolah

PERATURAN SEKOLAH

"Kenapa sih bu harus ada peraturan yang mengharuskan kami potong rambut dengan ukuran seperti ini " ucap seorang siswa dengan muka cemberut menunjukkan potongan rambutnnya (rambut agak pelontos, he dalam hati aku tertawa, tapi cuma dalam hati karena aku juga harus menunjukkan empatiku dengan kesedihannya. rambut dengan model idolannya harus dipotong habis dan memang agak lucu jika kuperhatikan. wajahnya yang bundar makin terlihat luas karena rambut yang terbabat habis).

aku tersenyum sambil tetap memberinya semangat.

"tenang mas, kamu tetap gagah dengan rambut seperti apapun karena yang ibu lihat dari kamu adalah pribadimu, kamu anak yang penuh semangat dan selalu punya rasa percaya diri yang tinggi "

dibalas si anak dengan tersenyum simpul.

"iya sih bu, tapi..." ia mengurungkan niatnnya untuk meneruskan pertanyaannya karena melihat wajahku yang terlihat lebih serius.

Rambut, banyak orang yang merasa ini adalah mahkota yang harus dijaga, ternyata ini tak berlaku hanya untuk anak putri, putrapun merasa rambut adalah "sesuatu " buat mereka, menambahkan rasa percaya diri dengan rambut yang sesuai dengan idola mereka, rasannya "sesuatu banget " jika bisa ada yang mirip dengan idola.

Pada kali ini kita tidak membahas soal apapun yang terkait dengan idola , kita hanya membahas pada PERATURAN SEKOLAH yang berhubungan dengan rambut.

Jujur kalau ditanya secara pribadi saya sendiri tak paham, mengapa peraturan rambut anak harus memiliki ukuran 2x3x2x1, yang pada kenyataannya saat hukuman berlaku anak dipotong dengan bres,bres,bres, sepertinya menjadi ukuran 1x1x1x1 dan mereka harus terima dengan ikhlas nggak ada perotes. Mengapa karena gurunya nggak sempat kursus salon , jadi tak cukup memiliki kepandaian memotong dengan berbagai model dan aturan yang dibuat sendiri ,(uh ini cukup kita yang baca yang tahu ya).

Saat siswa tercatat namanya sebagai siswa disebuah sekolah maka mereka harus mengikuti aturan sekolah tersebut. tak ada toleransi. Hanya yang menjadi catatan buat saya pribadi (hal ini hanya terjadi didalam hati ) mengapa setiap Peraturan tidak didahului dengan sosialisasi dan kejelasan instruksi dan aturan main, sesungguhnya ini sangat penting. diaturan apapun dalam hidup ini.

Jelaskan dengan cukup lengkap manfaat dan keuntungannya mengapa sebuah peraturan diterapkan. Tuhan saja sudah mencontohkan dengan sangat jelas jika memerintahkan umatnya jika melarang dan menganjurkan sesuatu perintah maka dijelaskan dengan hukum sebab akibatnnya.

Agar yang mengikuti memahami dan mau melaksanakan dengan ikhlas dan hati lapangan, semua manusia hampir memiliki sifat yang sama, mau melakukan sesuatu jika hal tersebut bermanfaat buat mereka, itu saja tidak semua yang dengan ikhlas banyak yang tetap ngeyel, menolak.

Nah jika Peraturan sekolah dijelaskan dengan sejelas-jelasnya mengapa mereka harus mengikuti serta manfaatnya, kemungkinan jumlah pelanggar juga tak akan banyak , selain itu mereka akan menerima dengan hati lapang dan ikhlas, karena tahu jika melanggar maka itu kesalahan mereka dan harus siap dengan konsekuensinya.

#salamdisiplinpatuhpadaperaturan#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post